Archive for the ‘Artikel’ Category

Seperti yang kita tahu, kurikulum di Indonesia menjadi KBK atau Kurikulum Berbasis Kompetensi dan sekarang berubah kembali ke KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yang pada intinya menuntun anak sekolah (SD, SMP, SMU serta PT) untuk lebih aktif dengan cara diskusi dan mencari bahan selain dari buku sekolah. Kurikulum itu membuat kita, anak-anak sekolah dan mahasiswa/i harus lebih banyak istirahat atau bisa mudah stres (jarang yg tidak stres ketika mau ujian karena materi utama yang diajarkan sedikit, hanya keahlian (pada KBK) suatu mata pelajaran yang diutamakan).
Gw memberi tips-tips agar anak-anak sekolah atau mahasiswa nggak terlalu kecape’an atau stres semacamnya :Makan dan istirahat yang cukup dengan min. tidur siang/sore pada hari libur.(karena mahasiswa/i biasanya kurang istirahat setelah mengerjakan tugas-tugas kuliah begitu juga dengan anak sekolah)[*]Hang-out atau jalan-jalan untuk refreshing bersama teman untuk menghindari kejenuhan sekolah pada akhir minggu (hari minggu atau sabtu) (Karena teman dapat membuat kita bersosialisasi dan berjalan-jalan di tempat favorit dapat mengurangi over-konsentrasi kita ke sekolah)[*]Luangkan waktu lebih bersama keluarga dan kerabat tentunya (pedoman pertama gw itu, Family is Everything, bila terjadi mis-komunikasi dengan keluarga, tandanya kehilangan bagian terpenting dalam hidup (bagi gw))[*]Bila belajar, janganlah belajar sendiri, lebih baik belajar bersama atau belajar keandampok (dengan teman kos untuk mahasiswa/i yg kos) ataupun ditemani anggota keluarga yg ada (bila dirumah sendiri) dengan diselangi sedikit canda untuk menghilangkan stres walaupun membuyarkan konsentrasi sedikit.[*]Serta, bila belajar juga neeh , sertakan radio. Coba cari stasiun radio favorit anda bila belajar sendiri biar gak bete.[*]Coba lakukan sesuatu favorit bila pulang bimbel/les/acara sekolah/kampus.[*][b]Olahraga yang cukup[/i]!! Ini yang menjadi kekurangan utama untuk anak kuliahan/sekolah. Rata-rata orang cuek dengan kekurusan, tetapi kekurusan atau kurang stamina karena olahraga bisa menyebabkan stres (setahu gw)[*]Dan yang terakhir, try something new and fun..
Jadi biar nggak lakukan aktifitas yang itu-itu aja yang membuat anda-anda pade stres.

 

Iklan

Blog dapat dikategorikan sebagai e learning, dalam tulisannya Rosenberg (2001) beliau mengungkapkan bahwa e learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas guru di sebuah sekolahan rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata pelajaran yang di ampu masing-masing guru. Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut, Si siswa mengisi comment di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa di batasi sebuah protokoler antara guru dan murid. Dalam hitungan saat ini jumlah mata pelajaran di sekolah tidak lebih dari 20 macam. Jadi jika setiap kabupaten ada guru yang aktif ngeblog untuk 1 fokus pelajaran tertentu maka pendidikan Indonesia dengan cepat majunya. Sebab isi blog bisa apa saja, bahkan akan sangat menggigit. Dan tidak akan keluar jalur, karena pengunjung blog bisa saja memberi kritiknya. Setidaknya Ini demi penghematan biaya yg harus dikeluarkan untuk kegiatan sosialisasi atau penataran2 yg kadang tidak ada ujung-nya.

Blog juga dapat menjadi media untuk mengungkapkan usul, komentar dan uneg-uneg seorang siswa tentang sistem pengajaran yang ada di sekolah, sehingga pihak guru dan sekolah dapat meningkatkan kinerja mereka sesuai yang diharapkan para peserta didik dalam hal ini adalah siswa sekolah.Kekuatan blog dalam dunia dalam dunia pendidikan

* Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran
* Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
* Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnya
* Relatif lebih hemat biaya
* Menembus ruang
* Bebas aturan alias suka-suka yg nulis (yg ada hanya etika atau aturan tidak tertulis)
* Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat
* Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif

Blog sangat mudah pengelolaannya dibandingkan website. Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka waktu koneksi bisa dipersempit dan hemat biaya jika harus membayar rekening telepon. Dibutuhkan koneksi internet tidak lebih dari 1 jam jika tulisan sudah dipersiapkan secara offline.

Blog sebagai media informasi dan promosi sebuah institusi

Dengan semakin berkembangnya zaman maka media komunikasi juga semakin berkembang salah satunya yaitu blog. Jika dahulu mengiklankan sebuah produk perusahaan dengan mengguakan media cetak atau pamflet dan poster yang mengelurkan biaya banyak, maka sekarang promosi sebuah produk dapat menggunakan sebuah blog yang murah meriah dan gratis. Blog juga dapat di jadikan sebagai media promosi seorang penulis untuk memasarkan bukunya. Dengan blog seorang penulis buku dapat memberikan tulisan singkat atau resensi buku ang ditulisnya, sehingga para pembaca dapat tertarik untuk membeli buku tersebut J.

Blog dapat disimpulkan sebagai media informasi baik yang bersifat formal

(sebuah institusi) atau informal (ajang tulis menulis kegiatan sehari-hari seorang blogger) yang bersifat murah meriah dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya misalnya keahlian HTML. Blog sangat mudah dibuat oleh seorang awan dalam dunia website. Blog dapat dihias sesuai dengan keinginan pembuatnya misalnya dipercantik dengan hitcounter, lokasi dan IP address pengakses dan merubah background sesuai keinginan.

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. (lebih…)