Archive for the ‘Tips & Trik’ Category

Seperti yang kita tahu, kurikulum di Indonesia menjadi KBK atau Kurikulum Berbasis Kompetensi dan sekarang berubah kembali ke KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yang pada intinya menuntun anak sekolah (SD, SMP, SMU serta PT) untuk lebih aktif dengan cara diskusi dan mencari bahan selain dari buku sekolah. Kurikulum itu membuat kita, anak-anak sekolah dan mahasiswa/i harus lebih banyak istirahat atau bisa mudah stres (jarang yg tidak stres ketika mau ujian karena materi utama yang diajarkan sedikit, hanya keahlian (pada KBK) suatu mata pelajaran yang diutamakan).
Gw memberi tips-tips agar anak-anak sekolah atau mahasiswa nggak terlalu kecape’an atau stres semacamnya :Makan dan istirahat yang cukup dengan min. tidur siang/sore pada hari libur.(karena mahasiswa/i biasanya kurang istirahat setelah mengerjakan tugas-tugas kuliah begitu juga dengan anak sekolah)[*]Hang-out atau jalan-jalan untuk refreshing bersama teman untuk menghindari kejenuhan sekolah pada akhir minggu (hari minggu atau sabtu) (Karena teman dapat membuat kita bersosialisasi dan berjalan-jalan di tempat favorit dapat mengurangi over-konsentrasi kita ke sekolah)[*]Luangkan waktu lebih bersama keluarga dan kerabat tentunya (pedoman pertama gw itu, Family is Everything, bila terjadi mis-komunikasi dengan keluarga, tandanya kehilangan bagian terpenting dalam hidup (bagi gw))[*]Bila belajar, janganlah belajar sendiri, lebih baik belajar bersama atau belajar keandampok (dengan teman kos untuk mahasiswa/i yg kos) ataupun ditemani anggota keluarga yg ada (bila dirumah sendiri) dengan diselangi sedikit canda untuk menghilangkan stres walaupun membuyarkan konsentrasi sedikit.[*]Serta, bila belajar juga neeh , sertakan radio. Coba cari stasiun radio favorit anda bila belajar sendiri biar gak bete.[*]Coba lakukan sesuatu favorit bila pulang bimbel/les/acara sekolah/kampus.[*][b]Olahraga yang cukup[/i]!! Ini yang menjadi kekurangan utama untuk anak kuliahan/sekolah. Rata-rata orang cuek dengan kekurusan, tetapi kekurusan atau kurang stamina karena olahraga bisa menyebabkan stres (setahu gw)[*]Dan yang terakhir, try something new and fun..
Jadi biar nggak lakukan aktifitas yang itu-itu aja yang membuat anda-anda pade stres.

 

Iklan

Bagi yang sering surfing di Internet akan terasa sekali bahwa tidak mudah untuk mencari ilmu di Internet. Seringkali pada saat kita surfing justru tenggelam dalam lautan informasi; terlalu enak membaca-baca tanpa tujuan yang jelas; melihat-lihat berbagai etalase informasi di berbagai situs tanpa tujuan yang jelas hanya untuk memuaskan mata & pikiran; memang pada akhirnya kita akan memperoleh banyak informasi tapi belum tentu memperoleh sesuatu yang betul-betul bermanfaat atau biasanya maksimum kita akan memperoleh berita-berita / informasi terakhir sebagai pengganti koran.

Bagi anda yang mempunyai waktu yang sempit sehingga tidak mungkin menggunakan pola-pola di atas untuk melakukan surfing di Internet. Kita perlu menggunakan metoda / pola yang baik supaya bisa memperoleh informasi yang sangat spesifik dengan baik dalam waktu yang singkat. Satu hal yang perlu di pegang erat-erat pada saat kita surfing adalah menentukan dengan sangat jelas niat/tujuan utama pada saat surfing tersebut – apa yang akan kita cari? Pada kesempatan ini Bapak Onno W Purbo akan memberikan sedikit tip & trik jika kebetulan niat anda adalah mencari ilmu di Internet. (lebih…)